Senin, 28 Maret 2011

JENIS JENIS ALIRAN LUKISAN

  • NATURALISME
Naturalisme Yaitu suatu bentuk karya seni lukis (seni rupa) dimana seniman tersebut berusaha melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata. Obyek yang digambarkan diungkapkan seperti mata melihat, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Supaya lukisan yang dibuat benar – benar mirip atau persis dengan apa yang kita lihat (nyata), maka susunan, perbandingan, perspektif, tekstur, pewarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin, dan setepat –setepatnya.

Salah satu pelukis naturalisme adalah William Bliss Baker yang karya/lukisan pemandangannya dianggap sebagai karya terbaik pada aliran naturalisme ini.
Gambar Karya William Bliss Baker yang diberi nama FALLEN MONARCH:
  • EKSPRESIONISME
Ekspresionisme adalah aliran yang mengutamakan curahan batin secara bebas maksudnya aliran seni lukis yang mengutamakan kebebasan dalam bentuk dan warna untuk mencurahkan emosi atau perasaan. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia. Obyek-obyek yang biasanya dilukiskan antara lain kengerian, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan lain dibalik tingkah laku manusia.

Salah satu pelukis yang bisa dibilang ekspresionis adalah Matthias Grünewald
Salah satu karyanya adalah The Mocking of Christ:

  •  KUBISME
Kubisme lahir pada saat pameran retpektif Cezanne yakni pada tahun 1907. Corak/aliran ini menggambarkan alam menjadi bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, segi empat, lingkaran, silinder, bola, kerucut, kubus dan kotak-kotak. Pada corak/aliran ini bukanlah peniruan alam melainkan penempatan bentuk-bentuk geometris dari seniman kepada alam.

Salah satu pelukis pelopor Kubisme adalah Georges Braque. 
Karya nya adalah : 

1 komentar: